Mungkin terasa aneh melakukan perawatan pada mobil baru. Tapi ternyata tidak juga, pasalnya melakukan perawatan pada unit yang masih segar itu berarti membuat mobil bisa bertahan bagus untuk jangka waktu lama. Terlebih lagi konsumen di sini, semakin hari semakin cerdas perlunya merawat mobil kesayangannya. Baik itu perawatan eksterior atau pun interior.Muaranya memang menjadikan mobil baru Anda tetap terawat sehingga selalu bisa diandalkan. Berikut beberapa cara dalam merawat kendaraan baru Anda.

Kaca film
Aplikasi kaca film ini bisa sebagai cara merawat kendaraan khususnya sektor interior. Terlebih lagi, iklim Indonesia yang cukup terik. “Pada mobil tak berkaca film, tingkat kerusakan pada interior cenderung dominan, ketimbang mengaplikasikan kaca film,” urai Edwin E. Pramudya, Senior Marketing Analyst Building Safety Solution Dept.  PT 3M Indonesia.Artinya, agar interior terjaga dari ganasnya terik mentari sebaiknya mengaplikasikan window film  yang pas bagi Anda.

Cuci mobil
Lakukan secara berkala, jangan pernah membiarkan mobil kusam terlalu lama. Cara ini bisa dilakukan sendiri atau pergi ke jasa pencucian mobil. Nah, bila ingin melakukan sendiri pastikan melakukannya dari bagian yang terlihat baru dilanjutkan ke bagian yang sulit dijangkau.

Untuk penggunaan sampo, gunakan pola atas-bawah ketimbang gerakan melingkar. Hal itu mencegah muncul tanda yang tak diinginkan. Untuk menjaga bodi mobil tetap apik jangan menggunakan pembersih yang mengandung deterjen, tapi gunakan pembersih khusus untuk mobil.

Waxing
Langkah berikutnya melapisi bodi mobil dengan wax.  Hal ini dimaksudkan agar cat tetap tampak bagus dan bodi terhindar dari karat. Proses waxing  ini bisa dilakukan sendiri atau bisa juga datang saja ke salon mobil. Tapi bila ingin mengerjakan sendiri pakailah wax  dengan bahan dasar air agar tidak ada efek samping. Tak lupa memperhatikan benar pemakaian yang tepat dan benar.

Antikarat
Umumnya mobil baru bebas dari korosi. Nah, agar benar-benar terbebas dari karat bisa mengaplikasi sistem antikarat yang ditawarkan. Baik itu konvensional ataupun elektronik. Hal ini tentunya memberikan keuntungan lebih karena membuat mobil tak gampang diserang karat dan juga nilai tambah terasa bila Anda ingin menjualnya kembali.

Cover mobil
Berniat tak menggunakan mobil dalam waktu tertentu, sebaiknya disimpan di garasi atau tempat yang sejuk. Apabila kebetulan di rumah belum tersedia garasi, gunakanlah penutup mobil. Langkah ini ampuh dari serbuan debu dan juga kotoran serangga atau burung yang bisa saja hinggap di mobil Anda.

Vakum dan perawatan interior
Membersihkan sektor interior merupakan menu wajib. Apalagi bila setiap hari beraktivitas di dalam kendaraan. Setidaknya lakukan pembersihan atau vacuum interior seminggu sekali. Langkah ini untuk menekan bersemayamnya debu. Bila kebetulan terjadi tumpahan atau noda pada jok mobil, gunakan pembersih yang sesuai dengan jok mobil Anda, kulit atau fabric.  Interior terjaga kebersihan dan kerapihannya membuat berkendara pun nyaman.

Sistem power window
Teknologi power window  memang memudahkan penumpang membuka dan menutup jendela. Hanya saja, dengan kondisi cuaca yang berdebu acap kali membuat proses membuka jendela sangat jarang dilakukan. Padahal, mendiamkan power window  tak beraktivitas pun malah menimbulkan masalah. Karet kaca dan mekanisme penggeraknya bisa macet. Untuk itu, operasikan sejenak sistem power window  saat melakukan pre-trip inspection,  sebelum beraktivitas.

Patuhi standar bbm mobil
Mungkin hal ini simpel tapi sulit dilakukan. Terlebih lagi harga bbm bermutu atau non subsidi lebih mahal ketimbang premium. Alhasil, daripada rugi memakai bbm sesuai standar yang ditetapkan maka premium pun dikonsumsi.

Memang masalah yang timbul bagi mobil sekarang dengan mengonsumsi Premium tanpa timbal (unleaded) hanya mobil mengalami drop tenaga saat berjalan. Tapi lama kelamaan pun malah tidak baik. Apalagi bila mobil Anda merupakan mobil yang masuk kategori ramah lingkungan.

Kadar oktan yang lebih rendah dari spesifikasi yang ditetapkan pabrikan juga membuat mesin bekerja keras menyesuaikan performa sesuai asupan bbm-nya. Mudah untuk melihat klasifikasi bbm yang cocok untuk mobil, biasanya produk Eropa akan terinformasikan di penutup bensin. Atau bisa juga dibaca di buku manualnya.

Periodical maintenance pun wajib
Bukan berarti dengan melakukan tips di atas maka mobil baru Anda pun terbebas masalah. Periodical Maintenance  atau kondang dikenal perawatan berkala yang diberikan pihak ATPM pun wajib dilakukan. Hal ini berkaitan dengan jaminan purna jual yang diberikan. Dengan begitu, kondisi mobil Anda sebenarnya bisa tetap terpantau, dan kini setiap pengecekan terekam dalam data base yang mana bisa dijadikan sebagai riwayat hidup mobil Anda.

Dari informasi itu akan diperoleh kondisi mobil Anda sehat atau tidak. Jadi lakukan selalu perawatan berkala agar mobil tetap fit.

Penulis : Joni Lono Mulia
Sumber : autobildindonesia.com

Pencarian Kata Kunci Untuk Artikel ini :


Categories: Serba-Serbi Mobil   |  Posted on
Tags: , , , , , , , ,

comments

Leave a Comment

Your Rating:
0 1 2 3 4 5

*