Karat atau korosi adalah suatu penyakit pada body mobil yang sering terkena air dan panas, karat penyakit ini menyerang pada bagian seng atau besi yang akan memakan body mobil sedikit demi sedikit hingga akhirnya keropos dan rapuh. Terjadnya karat sendiri adalah sebuah proses alamiah dan tidak bisa dihindari, yang mungkin bisa dilakukan adalah mencegah proses terjadinya karat tersebut. Berikut ini adalah tips yang perlu anda ketahui untuk merawat mobil agar terjauh dari bahaya karat :

1. Titik Rawan.

Pemicu timbulnya karat ini biasanya terjadi akibat kesalahan pemilik dalam merawat, seperti ketika mencuci mobil mengakibatkan adanya sisa air yang tidak terlihat sehingga mengendap lama di bagian body mobil dan membiarkan terlalu lama mobil dalam keadaan kotor setelah terkena hujan, misalnya. Bagian yang sering terlewatkan dan sulit untuk dilakukan pengecekkan adalah seperti bagian body yang tertutup karet atau karpet, seperti celah body, bagian bawah/spatbor, lantai, engsel pintu dan jika mobil menggunakan roof rack, bagian mobil yang tertutupi atau dijepit mounting juga menjadi titik rawan terkena karat.

2. Antisipasi Awal.

JIka telah terlanjut ada beberapa bagian bodi yang terserang karat, secepatnya langsung lakukan perbaikan dengan mengeringkan body mobil tersebut lalu menutupnya dengan mendempul atau bila sudah keropos, body harus di las dan di lakukan penggantian pada bodi mobil yang terkena karat. sebaiknya hal ini dilakukan di bengkel body repair, karena lebih tahu solusinya serta lebih rapi dalam pengerjaannya. Untuk bagian yang hanya terkena sedikit karat mungkin masih dapat dilakukan penganggulangan sendiri, karena saat ini sudah banyak diperdagangkan cat dalam botol kecil seperti cat kuku yang memang khusus untuk melapisi bodi mobil yang terkena karat pada area kecil agar tidak melebar.

3. Finishing Akhir.

Setelah selesai dengan pengelasan, plat baru dilapisi dengan anti karat, Pengerjaannya akan memakan waktu 2 minggu hingga 3 minggu, tergantung dari tingkat kerusakan body tersebut. Untuk perbaikan umumnya setiap bengkel menaruh harga yang berbeda-beda dengan kisaran Rp 1-3 juta rupiah.

4. Mulai Dari Anda Sendiri.

Seharusnya pemilik mobil menggunakan produk antikarat. Produk anti karat ini sudah beredar banyak di pasaran, khususnya di toko-toko yang menjual cat mobil. Umumnya untuk bengkel-bengkel body repair masih mempergunakan beberapa produk antikarat khusus yang laris di pasaran dengan sistem coating atau pelapisan. Produk antikarat lainnya juga ada yang menggunakan sistem elektronik, namun untuk lebih efektif sebaiknya hal tersebut ditanyakan terlebih dahulu kepada bengkel body repair.SMC

sumber : solusimobil.com

Pencarian Kata Kunci Untuk Artikel ini :


Categories: Serba-Serbi Mobil   |  Posted on
Tags: , ,

comments

One Response to “Mencegah & Menghilangkan Karat Pada Mobil
Read them below or add one

  1. nur hasan says:

    bisa dishare antikarat yang bagus mereknya apaan? bos

Leave a Comment

Your Rating:
0 1 2 3 4 5

*