Cara menghilangkan sendat pada Avanza dan Xenia XI. Untuk yang LI belum dicoba karena belum ada kelinci percobaan .

Hari ini Manut dari Otomotif habis test drive mobil Avanza gua dan janjinya liputan ini sudah ada di Otomotif hari Rabu 2 Agustus 2006.

Menurut Manut, sendat sudah tidak terasa lagi. Pada saat ECU fuel cut di RPM 1500, sendat terjadi dengan halus.

Mudah-mudahan tips ini bisa berguna untuk para pemilik Avanza dan Xenia yang selama ini merasa terganggu dengan problem ini tanpa ada solusi dari ATPM.

Pesan untuk Toyota : Pak, kalau mau tau sendat yang normal tolong ketempat saya dan test drive mobil saya. Sekalian saya traktir makan siang. Dijamin, perut kenyang dan tidak takut mabok lagi kalau naik Avanza .


Cara hilangkan sendat ini ada 2 langkah

Langkah 1 : mengurangi volume ruang filter udara. Sendat terjadi pada saat fuel cut dimana pada saat terjadinya fuel cut bensin sedikit tetapi udara banyak. Akibatnya, mesin terasa di”cekik” bensinnya. Pengurangan ruang filter udara yang saya lakukan adalah dengan menempelkan busa peredam pada dinding atas dan bawah ruang filter.

Pada ruang filter no.1 (lihat gambar) , diberi 3 lapis busa peredam. Ruang filter no.2 diberi 2 lapis busa peredam. Ruang filter no.2 adalah posisi filter udara berada. sedangkan ruang filter no.1 adalah ruang yang berhubungan langsung dengan masuknya udara melalui belalai filter.

Sedangkan pada dinding dasar ruang filter, cukup diberi 1 lapisan busa peredam. Pemberian busa peredam pada ruang filter dekat intake tidak diharuskan.

Langkah 2 : Pemasangan Proxima Turbo Jet Accelerator tipe S-300T. Alat ini diklaim oleh penjualnya mampu menambah tenaga dan torsi serta menghemat BBM. Harga alat ini Rp.1,5 juta termasuk pemasangan.

Alat ini baru bekerja pada RPM 2000 keatas. Baling-baling berputar karena daya hisap dari intake. Alat ini berguna untuk memadatkan volume udara pada saat RPM diatas 2000 RPM sehingga mesin tidak kehabisan “nafas”.

Pada saat tidak bekerja di RPM bawah, baling-baling menghambat aliran udara yang masuk kerumah filter udara. Hal ini membuat jumlah udara yang masuk berkurang sehingga membuat campuran menjadi rich dan mengurangi sendat.

Hasil test drive Langkah 1 : Sendat hilang sampai 60%.

Hasil test drive Langkah 2 : Sendat hilang juga sampai 60%.

Hasil test drive dengan penggabungan Langkah 1 dan Langkah 2 : sendat hilang sampai 90%. Kenapa hanya 90%? karena sendat hanya ditemukan jika mobil kita jalankan dengan waktu lama di RPM 1500 pada gigi 1 atau 2. RPM akan hunting, kemungkinan ini terjadi karena ECU melakukan fuel cut di RPM 1500 ini. Tetapi jika dipakai normal, sendat ini tidak terjadi karena sangat jarang kita mengendarai mobil ini di RPM 1500 dengan waktu yang lama atau lebih dari 10 detik.

Tips ini juga bisa diterapkan pada Avanza Xenia VVT-i krn ternyata masih ditemukan sendat pada mobil canggih ini.

Mudah-mudahan tips ini berguna bagi anda. Mohon maaf karena saya tidak bisa menjelaskan secara spesifik karena saya hanya tukang anjing bukan tukang insinyur seperti si Doel anak betawi

source : AvanzaXenia.Net

 

Pencarian Kata Kunci Untuk Artikel ini :


Categories: Serba-Serbi Mobil   |  Posted on
Tags: , , , ,

comments

One Response to “Hilangkan Sendat Pada Avanza Xenia Sampai 90%
Read them below or add one

  1. Rachman says:

    kalau busi iridium saya rasa belum perlu untuk kapasitas mesin cc 1.3 atau 1.5 karena busi iridium cocok untuk mesin 3000 cc keatas….

Leave a Comment

Your Rating:
0 1 2 3 4 5

*